Membeli Rumah Bekas di Jakarta Selatan 7 Tips Pintar

Membeli Rumah Bekas di Jakarta Selatan 7 Tips Pintar

Harga rumah di Jakarta Selatan memang tinggi, tapi masih banyak orang yang bermimpi untuk tinggal di sana karena berbagai kenyamanan dan keuntungan yang ditawarkannya. Akses transportasi yang dekat, kemudahan mobilitas ke berbagai gedung perkantoran, serta lokasi yang strategis untuk membuka usaha adalah beberapa alasan utama mengapa Jakarta Selatan begitu diminati. Jika kamu juga bermimpi memiliki rumah di Jakarta Selatan, maka membeli rumah bekas bisa menjadi alternatif cerdas untuk menghemat tabungan. Artikel ini akan memberikan 7 tips penting untuk membeli rumah bekas yang masih bagus di Jakarta Selatan.

1. Survey Lingkungan Terlebih Dahulu

Umumnya, rumah bekas terletak di lingkungan yang telah terbentuk. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memahami lingkungan tersebut dengan seksama demi kenyamanan hidup. Setiap lingkungan memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Penting untuk menentukan apakah kamu lebih nyaman tinggal di lingkungan yang religius dan peduli dengan tetangga atau di lingkungan yang lebih cuek karena banyak dihuni oleh pekerja kantoran. Pilih lingkungan yang sesuai dengan preferensimu agar tidak merasa tidak betah di rumah baru.

2. Periksa Keadaan Rumah

Langkah kedua yang tak kalah penting adalah memeriksa keadaan fisik rumah yang akan kamu beli. Jangan terjebak hanya oleh desain rumah yang bagus. Periksa beberapa hal penting seperti kelembaban dinding, material kayu, sistem suplai air, kebocoran, sistem perkabelan, dan pembuangan rumah. Pastikan semuanya dalam kondisi baik agar kamu dapat tinggal dengan nyaman nantinya.

3. Pertimbangkan Dekatnya dengan Fasilitas Publik

Kemudian, pertimbangkan juga seberapa dekat rumah bekas yang kamu incar dengan fasilitas publik seperti bank, rumah sakit, dan gedung perkantoran. Semakin dekat dengan fasilitas-fasilitas ini, semakin efisien aktivitas yang akan kamu jalani sehari-hari. Di wilayah sibuk seperti Jakarta Selatan, memiliki rumah dekat dengan tempat-tempat ini adalah hal yang sangat berharga.

4. Pahami Riwayat Rumah dan Legalitasnya

Selanjutnya, periksa riwayat rumah yang akan kamu beli. Pastikan aspek legalitasnya aman dan terjamin. Kenali juga seberapa lama rumah tersebut telah berdiri, apakah sudah tua sehingga memerlukan renovasi besar atau tidak. Selain itu, cari tahu juga apakah ada riwayat buruk terkait rumah tersebut seperti reputasi angker atau tidak.

5. Riset Harga Pasaran Rumah Bekas

Setiap rumah bekas memiliki harga yang berbeda-beda. Lokasi, spesifikasi, fasilitas, dan desain rumah mempengaruhi harga jualnya. Oleh karena itu, lakukan riset harga pasaran rumah bekas sesuai dengan spesifikasi yang kamu inginkan. Gunakan website atau platform khusus untuk menemukan berbagai pilihan rumah bekas beserta harga dan spesifikasinya.

6. Hitung Kemungkinan Dana Renovasi

Ketika membeli rumah bekas, penting untuk menghitung kemungkinan dana renovasi yang akan diperlukan. Umur rumah dapat menjadi indikator, tetapi jangan lupakan fakta bahwa rumah baru pun bisa memerlukan renovasi jika material yang digunakan kurang berkualitas. Perhitungan dana renovasi ini akan membantu kamu memutuskan apakah investasi ini masih sesuai dengan anggaranmu atau tidak.

7. Verifikasi Kelengkapan Dokumen

Langkah terakhir yang tidak boleh diabaikan adalah memverifikasi kelengkapan dokumen rumah yang akan kamu beli. Pastikan rumah tersebut memiliki semua surat-surat yang diperlukan seperti SHM/SHGB, Akta Jual Beli, Bukti Pajak Bumi Bangunan, Bukti Pembayaran Tagihan, dan Sertifikat Izin Mendirikan Bangunan. Hal ini akan memberikan keamanan dan kepastian hukum dalam proses pembelian.

Penutup

Inilah 7 tips penting yang perlu kamu pahami saat membeli rumah bekas yang masih bagus di Jakarta Selatan. Ingatlah untuk selalu melakukan survei dan riset dengan teliti sehingga kamu tidak merasa merugi setelah memperoleh rumah bekas impianmu. Jakarta Selatan memiliki berbagai pilihan rumah bekas dengan harga yang beragam, dan dengan langkah-langkah yang tepat, kamu bisa menemukan rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaranmu.